Pelatihan Dapur Umum Tingkatkan Kemampuan Pelayanan Untuk Pengungsi

IMG-20160728-WA0016
TRC BPBD Kota Malang mengadakan study Pengelolaan Dapur Umum yang di bimbing langsung anggota Batalyon Infanteri Para Raider 502 Jabung Kabupaten Malang,Kamis (28/07/2016).

BPBD Kota Malang mengadakan study Pengelolaan Dapur Umum bagi Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD yang dilaksanakan di Ruang dapur Batalyon Infanteri Para Raider 502 Jabung Kabupaten Malang,Kamis (28/07/2016). Pelatihan peningkatan kemampuan dan ketrampilan bagi para relawan tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk mencapai masyarakat yang bisa hidup selaras dengan bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang J Hartono mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memasak dalam jumlah yang banyak kepada pengungsi khususnya disaat terjadi bencana besar.

IMG-20160728-WA0005
TRC BPBD Kota Malang mendapatkan pengarahan dari anggota Batalyon Infanteri Para Raider 502 sebelum melaksanakan praktek dapur umum, Kamis (28/07/2016).

Pelatihan yang hanya dilaksanakan sehari itu, peserta melaksanakan praktek langsung memasak untuk jumlah pengungsi 100 orang guna persiapan pelatihan bersama yang akan di laksanakan di pantai balaikambang dalam waktu dekat ini.

Lebih lanjut Hartono menjelaskan sasaran pelatihan tersebut adalah tercapainya kesiapan Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Malang dalam situasi tangap darurat dalam rangka penyelamatan korban, pemenuhan kebutuhan hidup dasar serta penanganan pengungsi secara cepat dan tepat sasaran.

IMG-20160728-WA0002
TRC BPBD Kota Malang langsung memperagakan cara memasak untuk konsumsi jumlah besar di Ruang dapur Batalyon Infanteri Para Raider 502 Jabung Kabupaten Malang,Kamis (28/07/2016).

“Kegiatan yang dilaksanakan meliputi Bimbingan Teknis/Pelatihan dan Simulasi Pengelolaan Dapur Umum Pengungsian Korban Bencana,” kata Hartono.

“Tertanganinya korban ditempat-tempat pengungsian dengan terpenuhinya kebutuhan hidup dasar seperti kesehatan, air bersih, pangan dan pendampingan psikososial juga menjadi hal yang kami harapkan dari hasil pelatihan ini,” lanjutnya.

Loading

Leave a Comment

Kepala Pelakasana BPBD Kota Malang

Drs. Prayitno, M.AP.

Facebook Updates
Kantor BPBD Kota Malang
Shortcodes Ultimate