KOTA MALANG MASUKI MUSIM HUJAN

0

Seminggu terakhir ini Kota Malang sudah diguyur hujan. Hujan yang turun membasahi bumi Arema dari yang ringan sampai dengan hujan lebat. Demikian pertanda musim hujan bakal datang. Menurut pantauan Pusdalops-PB Kota Malang yang dihimpun dari BMKG Karangploso cuaca di Kota Malang seringkali diprediksi turun hujan ketika siang hingga sore hari. Hal ini  senada dengan surat resmi dari BMKG Jawa Timur tanggal 3 Oktober silam yang menyebutkan bahwa Oktober ini Kota Malang akan memasuki musim penghujan.

Selama bulan September 2017, rata-rata suhu di Kota Malang berkisar 250C. Hasil dari laman Badan Meteorlogi dan Geofisika Karangploso rata-rata harian suhu kota Malang pengamatan adalah sebagai berikut:

Keadaan suhu jika di rekapitulasi berkisar 26oC, dengan rincian suhu rata-rata minimum pada pagi hari berkisar 21oCm siang hari 31oC, dan malam hari berkisar 23oC.  Sedangkan untuk kelembaban udara sendiri di kota Malang rata-rata sekitar 73%, dengan kelembaban minimum pada siang hari 50% dan kelembaban maksimum mencapai 80% pada malam hari.

Kecepatan angin sendiri rata-rata mencapai 25 km/jam, angin kencang rata-rata bertiup  pada siang hari, hal ini memicu banyaknya pohon tumbang. Selama bulan September saja Pusdalops-PB Kota Malang  menerima laporan pohon tumbang sebanyak 6 kali, tutur David salah satu personil Pusdalops. Berikut rekapitulasi selama bulan September 2017 perihal kecepatan Angin:

Dari kondisi cuaca Malang pada bulan September, dapat diprediksi musim penghujan akan segera tiba, oleh karenanya masyarakat dihimbau lebih waspada terhadap potensi bencana yang ada di lingkungan masing-masing.(Rue/Zie)

Share.

About Author

Leave A Reply