HADAPI MUSIM HUJAN, BPBD LAKUKAN HAL INI

Bulan Oktober ini Kota Malang diprediksi mulai memasuki musim penghujan. Walaupun hujannya tidak merata namun intensitasnya hampir selalu hujan tiap hari. hal ini senada dengan isi surat edaran resmi dari BMKG Karangploso. Di dalam suratnya BMKG menyatakan bahwa Oktober ini Kota Malang akan memasuki musim penghujan. Bahkan BMKG meminta agar masyarakat waspada akan kejadian hujan lebat disertai angin kencang.

Mengantisipasi hal tersebut, banyak hal yang telah dilakukan oleh BPBD Kota Malang dalam meminimalisir potensi kejadian bencana, khususnya tanah longsor dan genangan air yang seringkali mengintai Kota Malang.

“Cara yang dilakukan yakni kerja bakti, gotong royong antar warga, melakukan monitoring, melakukan sosialisasi-sosialisasi kepada kelurahan tangguh, serta bersih-bersih sungai”, tutur Tripim selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Malang.

Tripim menambahkan, bahwa kegiatan yang sudah dilakukan adalah bersih-bersih aliran sungai, seperti yang dilakukan di Kelurahan Bandungrejosari minggu kemarin.

Pria berkumis tebal ini pun berharap agar kelurahan-kelurahan tangguh yang sudah terbentuk agar lebih tanggap terhadap datangnya musim penghujan.

Kepada masyarakat luas pun dihimbau agar selalu menjaga lingkungan sekitarnya, karena drainase-drainase di Kota Malang masih tergolong kecil, maka dari itu hujan lebat sebentar saja sudah cepat penuh, tandas Tripim.(Rue/Zie)

Loading

Leave a Comment

Kepala Pelakasana BPBD Kota Malang

Drs. Prayitno, M.AP.

Facebook Updates
Kantor BPBD Kota Malang
Pages view

Loading