BPBD Kota Malang : Bangun Tanggul Darurat Cegah PlengsenganKembali Ambrol di Kasin

IMG-20160513-WA0053

BPBD Kota Malang lakukan kerja bakti pasca longsor susulan plengsengan yang melanda di Jl Kasin Gang Keramat, Kelurahan Kasin, Klojen Kota Malang Kamis, (12/5/2016) lalu. Kerja bakti bersinergi dengan warga sekitar yang terkena dampak banjir. Kegiatan itu berlangsung mulai pagi hari hingga sore hari pada Jumat, 13 Mei 2016.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Malang, pada Kamis, 12 Mei 2016 lalu mengakibatkan arus sungai Metro meningkat. Gerusan arus air sungai yang kuat itu menggerus tanggul darurat yang pernah di pasang BPBD pada Kamis (24/3/2016) yang lalu.

Dengan mengacu pada pemantauan BPBD Kota Malang, upaya yang dilakukan yaitu pembenahan tanggul darurat yang ambrol untuk mengantisipasi banjir susulan mengingat musim hujan belum kunjung usai.

IMG-20160513-WA0055

Jumat, 13 Mei 2016 mulai sejak pagi hari kantor BPBD Kota Malang telah memberangkatkan sejumlah personil untuk melakukan kerja bakti pembenahan tanggul darurat di Jl Kasin Gang Keramat, Kelurahan Kasin, Klojen, pembenahan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan BPBD untuk mengantisipasi banjir susulan. Sejumlah ±1000 karung sak yang di isi tanah liat telah disusun oleh personil gabungan dari BPBD dan warga sekitar untuk menyempurnakan pembenahan tanggul darurat tersebut.

Pada kesempatan itu, BPBD Kota Malang juga menyalurkan makanan kaleng siap saji, untuk makan siang warga dan anggota BPBD Kota Malang yang sedang melakukan kerja bakti.

Di tempat terpisah Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Kota Malang, Heru Mulyono, mengakui, kendala menyalurkan bantuan bagi korban bencana adalah soal pembiayaan. Karena itu, dalam kasus ini, setelah selesai mendata korban, pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk mendapatkan dana.

Sebelumya hujan lebat yang menguyur Kota Malang, Kamis (24/3/2016) siang mengakibatkan tanah longsor di Jl Kasin Gang Keramat, Kelurahan Kasin, Klojen Kota Malang. Musibah tanah longsor ini terjadi sekitar pukul 14.30 WIB, longsor sedalam 5 meter itu mengancam tiga rumah warga dan sebuah masjid.

Akibat longsor itu jalan perkampungan di RT 8 RW 3 Kasin terganggu, warga harus memutari perkampungan sebelah untuk beraktifitas. Tidak hanya itu dua motor milik Choirul dan Umiati juga turut tergerus longsor, warga sekitar langsung melakukan evakuasi agar dua motor tersebut tidak terbawa arus Sungai Kasin. (dikutip dari beritajatim.com).

Loading

Leave a Comment

Kepala Pelakasana BPBD Kota Malang

Drs. Prayitno, M.AP.

Facebook Updates
Kantor BPBD Kota Malang
Pages view

Loading