Ruas Jalan di Kota Malang Tiba-tiba Ambrol

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota malang melakukan assement terhadap ambrolnya jalan raya di Jalan Terusan Bondowoso Kelurahan Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Senin (28/11/2016) sekitar pukul 13.00 WIB. Akibatnya, ruas jalan yang menghubungkan Jalan Bondowoso dan Jalan Tidar itu ditutup total.

Warga di Jalan Terusan Bondowoso Kelurahan Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang dikejutkan dengan ambrolnya jalan raya, Senin (28/11/2016) sekitar pukul 13.00 WIB. Akibatnya, ruas jalan yang menghubungkan Jalan Bondowoso dan Jalan Tidar itu ditutup total.

Jumain, warga setempat mengatakan, mulanya jalan beraspal ambrol sedikit. Tetapi tidak lama kemudian semakin membesar hingga mencapai lebar 2,7 x 1,84 dengan kedalam 1,5 meter.

Kendaraan yang hendak melintas akhirnya terpaksa terhenti.”Awalnya kecil, dilintasi mobil jeep lalu retak-retak dan ambles,” katanya.

Menanggapi kondisi tersebut, BPBD Kota Malang pun dengan sigap mendatangi langsung ke lokasi kejadian untuk memasang garis pembatas.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Malang, Djarot Edy Sulistyono mengatakan, ambrolnya ruas jalan itu disebabkan oleh lapisan tanah yang kurang padat. “Itu tadi ada crossing. Ada kemungkinan tanah ini timbunannya kurang bagus,” katanya saat meninjau lokasi.

Dengan kondisi lapisan yang kurang padat, air mudah masuk dan menimbulkan lubang dibawah permukaan aspal. Proyek pengerjaan jalan itu disebutnya berlangsung pada tahun 2013 lalu.

Sementara itu, di bawah jalan yang ambrol itu terdapat box culvert untuk drainase. Tapi kondisinya aman.Rencananya, lubang yang membesar itu akan ditimbun kembali supaya bisa dilalui kendaraan. “Kita benahi. Sesegara mungkin,” ujar Djarot.

Akibat penutupan jalan itu, kendaraan dari Jalan Bondowoso yang hendak ke Jalan Tidar dialihkan ke Jalan Jombang. Sementara kendaraan dari Jalan Tidar yang hendak ke Jalan Bondowoso dialihkan ke Jalan Galunggung.

Loading

Leave a Comment

Kepala Pelakasana BPBD Kota Malang

Drs. Prayitno, M.AP.

Facebook Updates
Kantor BPBD Kota Malang
Pages view

Loading