DEBIT SUNGAI BRANTAS MELUAP, 1 RUMAH HANYUT

Kejadian naas menimpa 1 rumah milik Jumadi warga Jalan Jaksa Agung Suprapto Gang 2E RT. 01 RW. 03 Kelurahan Samaan Kecamatan Klojen hanyut terbawa aliran Sungai Brantas.

Peristiwa ini berawal hujan deras yang mengguyur Kota Malang Sabtu sore (18/11/17) membuat debit air Sungai Brantas meluap.

Rumah milik Jumadi ini berada persis dibibir sungai, membuat bangunan rumah tidak kuat menahan aliran air yang begitu deras.

Dalam kejadian ini, sontak membuat Wakil Walikota Malang Sutiaji didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang J. Hartono langsung meninjau lokasi tersebut.

Melihat kejadian ini, isi rumah Jumadi serta dapur beserta perabotannya harus hanyut terbawa aliran sungai.

kondisi rumah Jumadi rusak berat

Rizki (22) anak dari Jumadi mengatakan bahwa “ sempat menyelamatkan barang-barang penting seperti dompet serta surat-surat berharga lainnya, tutur Rizki

J.Hartono mengungkapkan bahwa “ kerusakan ini cukup parah, sementara penghuni rumah kami tempatkan di rumah warga dahulu, tutur J.Hartono

Hartono menambahkan “rumah ini berada di bibir sungai, yang lebih berwenang tinggi adalah DPUPR karena lebih ke teknis dalam penangannya, untuk sementara waktu ini sudah kami barricade line dan menghimbau masyarakat agar menjauhi titik yang rawan” tandas Hartono.

Dalam sehari, BPBD Kota Malang menerima laporan longsor sebanyak 4 titik, ini menambah catatan BPBD diawal musim penghujan tahun ini.

Masyarakat dihimbau lebih waspada akan potensi bencana di sekitar kita, khususnya pemukiman-pemukiman yang berada di bantaran sungai, mengingat hujan mulai turun dengan intensitas ringan hingga tinggi. (Rue)

Loading

Leave a Comment

Kepala Pelakasana BPBD Kota Malang

Drs. Prayitno, M.AP.

Facebook Updates
Kantor BPBD Kota Malang
Pages view

Loading