JELANG TENGAH MALAM, POHON TUMBANG TIMPA PJU

Masih segar ingatan kita kejadian pohon tumbang Agustus lalu yang menimpa daerah Sukun, kini kejadian serupa ternadi lagi. Sebuah pohon berjenis flamboyan tumbang dan menutupi sebagian jalan Veteran Kelurahan Penanggungan Kecamatan Klojen sekitar pukul 21.30 WIB Rabu malam (05/09/18).
Informasi yang dihimpun Pusdalops PB Kota Malang, pohon berdiameter 30 cm ini tumbang melintang di depan Kampus UM dan Matos. Kejadian ini tak pelak membuat lalu lintas sempat terhambat, listrik pun sempat padam disekitar lokasi.

Nanang Qosim, anggota TRC BPBD Kota Malang yang datang ke lokasi menyebutkan bahwa kejadian tersebut berlangsung cepat. Dugaan awal pohon ini tumbang akibat hembusan angin yamg cukup kencang hingga di bagian atas dahan tak kuat menahan beban. Akibatnya pohon patah dan menimpa tiang PJU, dua lampu LED, Kabel listrik PLN ± 80 meter serta taman kota.
“Dugaan kami ranting dan dahan bagian atas lapuk. Karena sudah tak kuat menahan beratnya sendiri akhirnya patah dan tumbang ke jalan” tukas Nanang.

Pengkondisian pohon tumbang oleh TRC BPBD Kota Malang

Peristiwa ini merupakan kejadian pertama pohon tumbang di bulan September. Rata-rata disebabkan akar atau batang pohon yang sudah lapuk.
“Dari beberapa kejadian, memang penyebab utamanya akar batang pohon yang lapuk termakan usia” tutur pria bertubuh kurus ini.

Proses evakuasi melibatkan TRC, dan warga sekitar hingga pukul 22.00 WIB. Meski tak ada korban jiwa ataupun cedera, namun kerusakan dan kerugian ditaksir mencapai Rp. 12.700.000,-. (div/vws)

Loading

Leave a Comment

Kepala Pelakasana BPBD Kota Malang

Drs. Prayitno, M.AP.

Facebook Updates
Kantor BPBD Kota Malang
Pages view

Loading