2 TITIK KEBAKARAN DI MALANG, RUMAH DAN LAHAN HAMPIR LUDES TERBAKAR

BPBD Kota Malang– Insiden kebakaran kali ini terjadi di Jl. Welirang Kecamatan Klojen, pagi ini. Dalam insiden ini, salah satu bagian rumah hampir ludes dilahap si jago merah. Tak ada korban jiwa pada insiden yang menyebabkan kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Salah seorang penjaga rumah (Andre), saat dimintai konfirmasi menyebutkan,”Awalnya kejadian saya dan teman saya Imam yang sedang mencuci motor di depan rumah mas, terus setelah itu kayak mendengar suara kayu terbakar” _ paparnya, dan tak lama kemudian mereka mendapati asap sudah mengepul di bagian belakang rumah. Namun karena terlalu banyak menghirup asap akhirnya Imam pingsan, dan langsung ditangani oleh anggtim medis.

Salah satu petugas Pusdalops mendapatkan laporan kejadian pada pukul 11.00 WIB. Untuk menetralisir api, PMK menerjunkan 6 armada pemadam kebakaran (damkar). “Api sudah dapat dijinakkan pukul 11.40 WIB, berkat bantuan sejumlah armada damkar. Termasuk pula warga masyarakat yang banyak membantu pemadaman,” jelasnya saat ditemui di lokasi kejadian, Kamis (04/10/2018).

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, api pertama kali diketahui membakar beberapa atap rumah dan langsung menyambar beberapa bagian rumah tersebut. Diduga kuat, kebakaran akibat hubungan pendek arus listrik.

Beberapa jam setelahnya sekitar pukul 17.30 WIB di lokasi berbeda, sebuah lahan rumpun bambu juga hampir ludes terbakar. Yakni setelah Pusdalops menerima laporan dari Ibu Yuning (Anggota Monitoring BPBD Kota Malang) yang melaporkan telah terjadi kebakaran lahan di Jl. Muharto Gg.5. Kecamatan Kedungkandang. Kebakaran diduga akibat seseorang warga membakar sampah yang tidak bertanggung jawab hingga mengakibatkan api membesar ke sebagian sampah dan barongan di perengan sungai amprong. Setelah 6 unit mobil PMK diturunkan dalam waktu 30 menit api berhasil dipadamkan.

TRC BPBD Kota Malang yang ikut membantu memadamkan api menghimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaannya akan potensi bencana kebakaran.

“Kami menghimbau warga untuk tidak bertindak ceroboh dan tidak membakar sampah sembarangan serta memperhatikan instalasi listrik saat di tinggal keluar rumah” ujar Simon, salah satu personil TRC BPBD Kota Malang. (ILH/DIV/YUS/DAV)

Loading

Leave a Comment

Kepala Pelakasana BPBD Kota Malang

Drs. Prayitno, M.AP.

Facebook Updates
Kantor BPBD Kota Malang
Pages view

Loading