LAKUKAN PENGUATAN DI KELURAHAN TULUSREJO, BPBD KOTA MALANG BENTUK KELURAHAN TANGGUH

0

BPBD Kota Malang – Demi mewujudkan Malang menuju Kota Tangguh, BPBD Kota Malang terus melakukan kegiatan rutin pembentukan Kelurahan Tangguh secara bertahap. Kali ini pembentukan kelurahan tangguh dilaksanakan di Kelurahan Tulusrejo.

Acara yang dibuka oleh Lurah Tulusrejo pada hari Senin (03/12/2018) ini melibatkan sejumlah pihak antara lain perangkat RT/RW, LPMK, Babinsa, Babinkamtibmas, beberapa perwakilan dunia usaha dan warga setempat.

Pembentukan kelurahan tangguh diawali dengan pemberian materi sosialisasi kepada masyarakat mengenai kebencanaan, indikator kelurahan tangguh dan mitigasi bencana.

Tripim Apriliyanto, pemaparan sosialisasi pembentukan kelurahan tangguh

Tripim Apriliyanto, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Malang, menjelaskan bahwa pembentukan kelurahan tangguh tidak hanya fokus pada kuantitas namun hal terpenting adalah kualitas kelurahan tangguh itu sendiri.

“Kedepannya kami akan melakukan pendampingan kelurahan tangguh untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam upaya pengurangan risiko bencana,” tuturnya disela-sela sosialisasi.

Setelah materi sosialisasi selesai, acara dilanjutkan dengan penyerahan tanda jalur evakuasi dan titik kumpul oleh PLT Kalaksa BPBD Kota Malang, Handi Priyanto. Tidak hanya itu, BPBD Kota Malang juga membagikan jas hujan, sepatu boot dan helm kepada kader kelurahan tangguh sebagai upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi musim hujan saat ini.

Blusukan relawan kelurahan tangguh ke lokasi rawan banjir

Diakhir acara, melalui Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Malang mengajak relawan kelurahan tangguh blusukan ke lokasi rawan banjir untuk memberikan edukasi langsung tentang mitigasi banjir baik secara struktural dan non struktural.

“Karena saat ini lagi musim hujan, sekalian kami tunjukkan tindakan apa yang harus dilakukan agar banjir bisa tertangani,” pungkas Tripim. (Wie)

Share.

About Author

Leave A Reply