HUJAN LEBAT DISERTAI ANGIN, 9 POHON TUMBANG DI RAJAJOWAS

BPBD Kota Malang | Prediksi BMKG bahwa akan terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai angin kencang sesaat di Kota Malang terbukti benar. Peristiwa ini tak ayal menyebabkan sejumlah pohon tumbang Jum’at sore tadi (21/12/2018).

Pohon tumbang terkonsentrasi di wilayah Kelurahan Sawojajar. Antara lain di sepanjang Jl. Sawojajar terdapat 3 pohon tumbang, kemudian di Jl. Danau Kerinci sebanyak 3 pohon dan terakhir di Jl. Tondano Raya juga terdapat 3 pohon tumbang.

Pohon yang tumbang antara lain berjenis ceri, spathodea, dan sonokembang. Ukuran pohon tumbang bervariasi mulai berdiameter ± 10cm hingga 60cm dan tinggi mulai ± 2m hingga 7 m.

Pohon tumbang yang juga terjadi di Danau Tondano Raya

Mendapati laporan pohon tumbang, TRC BPBD Kota Malang bergegas meluncur ke lokasi untuk evakuasi pohon. Banyak pohon berdekatan dengan tiang listrik, maka pada saat terjadi tumbang dampaknya menimpa kabel PLN. Akibatnya kabel mengalami kendor tertarik batang yang tumbang dan bahkan ada yang sampai putus.

“Kami memasang barricade line di titik kabel listrik yang putus sambil berkoordinasi dengan PLN untuk penanganan lebih lanjut,” tutur Donny, (personil kaji cepat dan logistik BPBD Kota Malang).

Meski tidak menimbulkan kerusakan yang signifikan, namun listrik sempat padam untuk sementara waktu dan lalu lintas sempat terhambat akibat pohon melintang menutupi jalan.

“Kewaspadaan harus selalu ditingkatkan. Masyarakat yang memang tinggal di daerah rawan bencana harus bisa meningkatkan kewaspadaan,” pungkasnya. (Wie/Vid)

Loading

Leave a Comment

Kepala Pelakasana BPBD Kota Malang

Drs. Prayitno, M.AP.

Facebook Updates
Kantor BPBD Kota Malang