LAGI, POHON TREMBESI TUMBANG DI JALAN MERBABU

Kota Malang benar-benar dibuat sibuk dengan cuaca ektrim yang melanda akhir-akhir ini. Setelah sehari sebelumnya terjadi dahan pohon patah dan menimpa Honda Jazz di bilangan Alun-Alun kota, kini kejadian pohon tumbang terulang lagi.

Menurut Tim Pusdalops PB dini hari jelang subuh tadi, Kamis (31/1) pihaknya telah menerima laporan pohon tumbang di seputar Jalan Merbabu.

Dari tiga anggota TRC yang datang ke lokasi menyebutkan bahwa pohon berjenis Trembesi berdiameter 30 cm dengan tinggi 8 meter ditemukan tumbang menyilang di tengah jalan oleh warga yang kebetulan melintas.

Dugaan awal akar pohon mengalami pelapukan sehingga saat terjadi hujan intensitas sedang – lebat. Akibatnya pohon tidak lagi mampu menopang beban pohon hingga tumbang.

“Kejadian diperkirakan pukul 02.30 dini hari, saat dimana hujan lebat berangsur berhenti. Tak berapa lama tumbang ke tengah jalan,” tutur Yogi.

Yogi menambahkan, meski kondisi jalanan cukup sepi namun beberapa ranting dan dahan pohon menghantam kabel listrik milik PLN. Tak ada laporan korban luka akibat kejadian ini.

“Jalan Merbabu ini kalau siang hari sangat ramai, tidak bisa dibayangkan jika kejadiannya pagi atau siang. Untung tidak ada yang lewat,” imbuhnya.

Pihak TRC BPBD dibantu satuan kepolisian selanjutnya melakukan pemotongan dan evakuasi sisa pohon yang berhamburan di jalan.

Sebelumnya dalam laporan periodik Pusdalops PB tadi malam, peringatan dini cuaca dari BMKG telah diserukan sekitar pukul 23.00 WIB dimana Kota Malang diprediksi terjadi hujan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada pukul 23.10 WIB, dimana kondisi ini diperkirakan berlangsung hingga pukul 01.10 WIB.

Pewarta : Mahfuzi
Penyunting : Div Endless

Loading

Leave a Comment

Kepala Pelakasana BPBD Kota Malang

Drs. Prayitno, M.AP.

Facebook Updates
Kantor BPBD Kota Malang
Pages view

Loading