Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Malang

Longsor Kasin, Mengancam Tiga Rumah Warga

brt741679191

Longsor terjadi bantaran sungai Kasin, di Jalan Kasin gang Kramat A, RT 8/ RW 3, Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Menurut warga longsor terjadi di duga akibat pipa PDAM yang bocor.

Longsor yang tingginya sekira 5 meter ini terjadi sekira pukul 14.30 WIB, Kamis, (24/3/2016), saat hujan mengguyur Kota Malang.

Menurut penuturan Khoirul Anam (28), warga yang terdampak longsor mengatakan, sempat merasakan seperti gempa sebelum longsor terjadi.

“Seperti lindu (gempa) tahu-tahu longsor tepat di depan rumah,” ujar Anam yang mengaku sudah puluhan tahun tinggal di bantaran sungai Kasin itu.

Sementara itu, Ketua RT 03 setempat, Joko wicaksono, mengatakan longsor ini akibat pondasi bangunan yang tergerus air PDAM yang bocor.

“Pipa PDAM bocor, akibatnya pondasi tanggulnya tergerus dan akhirnya longsor,” jelas Joko.
Dari pantauan Tin Pusdalops BPBD Kota Malang tampak pipa biru terputus. Tak hanya itu kondisi bagian yang longsor berada di sedikit lekukan sungai.

Akibat longsor itu jalan perkampungan di RT 8 RW 3 Kasin terganggu, warga harus memutari perkampungan sebelah untuk beraktifitas. Tidak hanya itu dua motor milik Choirul dan Umiati juga turut tergerus longsor, warga sekitar langsung melakukan evakuasi agar dua motor tersebut tidak terbawa arus Sungai Kasin.

Meski jarak longsor dan rumah milik warga saat ini hanya berkisar setengah meter namun warga sekitar enggan untuk pindah rumah. Ketiga rumah tersebut milik, Choirul Anam, Umiati dan Udin.

Exit mobile version