Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Malang

(BPBD) Kota Malang Bentuk Kelurahan Tangguh Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, menyiapkan tiga Kelurahan menjadi Kelurahan Tangguh Bencana. Ketiga Kelurahan itu adalah Kelurahan Kota Lama, Kelurahan Polehan, Kelurahan Bareng.

IMG-20160517-WA0020

Kegiatan ini diawali dengan tahapan sosialisasi pelaksanaan program yang dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Kota Lama, Senin (16/5/2016). Dengan menghadirkan narasumber dari Poltekes dan PSK2PB Kota Malang, Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Malang, Camat Klojen, Polsek, Koramil, Lurah Kota Lama serta 30 orang peserta pendampingan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang Drs. J Hartono menjelaskan, Kota Lama merupakan salah satu kelurahan yang memiliki potensi ancaman bencana, seperti erosi sungai, tanah longsor.
“Dengan adanya kondisi ini, diperlukan manusia-manusia yang tangguh dalam menghadapi bencana. Untuk menghadapi bencana masyarakat harus punya daya pengurangan risiko, daya antisipasi dan daya adaptasi, jelasnya.

Dalam pendampingan dan pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana, BPBD Kota Malang terlibat secara langsung, dengan menerjunkan tim yang telah melakukan pendampingan pada kegiatan-kegiatan sebelumnya, serta dukungan anggaran BPBD Kota Malang.

Adapun tahapan-tahapan yang akan dilakukan dalam pendampingan ini antara lain, pembuatan peta bahaya, kerentanan, risiko dan kapasitas, pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana, penyusunan rencana kontinjensi serta dokumen dan kelengkapan lain yang diperlukan dalam pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana.

Exit mobile version