Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Malang

TRC BPBD Kota Malang Siaga Selama Arus Mudik

Menyambut Lebaran ldul Fitri 1437 H/2016 M, (BPBD) Kota Malang, Jawa Timur berpartisipasi membantu para pemudik dengan mengerahkan relawannya untuk melakukan pengamanan Lebaran Idul Fitri di Pospam milik Polres Malang Kota di depan stasiun Kota Baru Malang.

IMG-20160703-WA0055
TRC BPBD Kota Malang di wakili Pusdalop (baju oranye) melakukan koordinasi di pospam lebaran di pospam depan stasiun kota baru

Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang J. Hartono menyebutkan, relawan BPBD disebar kesejumlah Pos Pengamanan (PAM) milik Kepolisian Resort Malang Kota untuk membantu petugas dalam melakukan penjagaan selama libur lebaran.

“Tugas para relawan selain bersiaga untuk mengantisispasi terjadinya kebencanaan, juga memberikan pertolongan pertama apabila terjadi kecelakaan,” ucapnya.

Hartono menambahkan bahwa pengerahan relawan untuk ikut pengamanan lebaran adalah sesuai dengan intruksi Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Kepala BNPB telah memerintahkan kepada BPBD untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan terkaitt dengan menguatnya La Nina sehingga berpotensi menimbulkan peningkatan banjir, longsor dan puting beliung selama arus mudik dan arus balik lebaran.

Ditambahkan, bahwa relawan BPBD akan di tempatkan sampai berakhirnya arus mudik nanti sesuai intruksi pos pam selama 14 hari atau sejak H-7 hingga H+7 ujar hartono.

Exit mobile version