Kebakaran di Jalan IR. Rais Kota Malang, Kerugian Ditaksir Rp 100 Juta

2016-09-08ipunk-kebakaran-tanjung-(2)
Petugas pemadam kebakaran saat pembasahan di tkp

Kebakaran terjadi lagi di Kota Malang, kali ini kebakaran terjadi di rumah kontrakan milik Mini Astuti, 65 Jalan IR Rais Gang V Tanjungrejo, Kota Malang, Kamis (8/9) kemarin. Lokasinya berada tepat di pemukiman padat, rumah tersebut terbakar habis karena di duga salah satu penghuninya meninggalkan rumah saat menggoreng tempe.

Yunanto, Ketua RT. 07 RW. 02 mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 07.30, akibat salah satu penghuni kontrakan bernama Tono Subroto, 52, menggoreng tempe kemudian meninggal keluar rumah. Api kompor kemudian menyulut kemana-mana.

“Pak Tono tadi pergi ke luar dan lupa kalau dia sedang goreng tempe. Panci buat goreng panas, api kemudian membesar dan menyambar bagian dapur rumah yang semi permanen,” ungkap Yunanto.

Dikonfirmasi kejadian itu, Tono mengakuinya. Ia menerangkan bahwa dirinya sedang menggoreng tempe untuk sarapan. Namun, ia lupa dan meninggalkan aktifitas itu selama 30 menit di luar rumah.

Rumah Mini Astuti berukuran antara 15 x 15 meter persegi. Rumah itu disekat-sekat menjadi empat ruangan. Tiga ruangan disewakan kepada tiga keluarga yaitu keluarga Tono, keluarga Sri Rahayu, 61, dan keluarga Muhammad Alwi, 58 yang berjumlah belasan jiwa hidup bersama dalam satu atap sebelum kebakaran terjadi.

“Rumah Bu Mini habis, tak tersisa, Sedangkan rumah Rizki yang terletak di sisi utara rumah Mini Astute ikut terbakar di bagian atap lantai dua, begitu juga di rumah Deni, kerusakan terjadi di atap dua kamar rumah itu,” ujar Ketua RT 7 RW 2 Yunanto

Kerugian akibat kebakaran rumah di Jl Ir Rais Gang V, Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang diperkirakan mencapai Rp 100 juta.

Kerugian material ini dihitung dari nilai rumah Ny Mini Astuti yang ludes, serta kerusakan di rumah M Rizki Zulkarnain, 40 dan Deni Widiarto, 35.

Kanit Reskrim Polsekta Sukun, AKP Gunarsono, saat ditemui di lokasi kejadian menegaskan pihaknya masih menyelidiki lebih lanjut. “Dugaan sementara karena kelalaian penghuni rumah. Tapi nanti akan kami periksa seluruh penghuni rumah,” jelas dia.

Loading

Leave a Comment

Kepala Pelakasana BPBD Kota Malang

Drs. Prayitno, M.AP.

Facebook Updates
Kantor BPBD Kota Malang
Shortcodes Ultimate