Hujan deras, kota Malang diserang banjir

galungung

Hujan deras yang mengguyur kawasan Kota Malang, menyebabkan sejumlah ruas jalan raya dan perumahan warga tergenang, Sabtu (26/11/2016).

Akibatnya, belasan rumah dan toko di Jalan Galunggung, Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang terendam air sekitar empat jam dengan Ketinggian air di jalan tersebut mencapai 1,5 meter atau setinggi dada orang dewasa dan akses jalan itu pun ditutup sepanjang sekitar 200 meter hingga air surut.

“Ini parah mas. Biasanya tidak seperti ini,” kata Budiono (40) warga setempat.

Ia menjelaskan, biasanya jalan raya itu memang selalu tergenang setiap ada hujan turun, namun ketinggian air tidak begitu parah. Hanya setinggi betis orang dewasa.

Sementara itu Hasyim, warga lainnya mengatakan, warga terpaksa menutup jalan tersebut. Selain tergenang air, material banjir juga bertebaran, sehingga jalan itu tidak memungkinkan untuk dilewati kendaraan. “Kalau tidak ditutup rumah yang kecil – kecil bisa rusak,” ungkapnya.

Dari laporan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD kota malang menyatakan bahwa hujan mulai turun sekitar pukul 13.00 WIB dan berhenti sekitar 14.30 WIB dan genangan air itu disebabkan oleh luapan dari Sungai Galunggung yang tidak muat menampung air hujan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang J Hartono membenarkan penyebab banjir adalah gorong-gorong yang tidak berfungsi. Satu-satunya solusi, kata dia, adalah revitalisasi. Nah, hal itu merupakan wilayah Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPUPPB) Kota Malang.

Untuk membersihkan jalan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang meminta bantuan PMK Kota Malang untuk mengerahkan mobil pemadam kebakaran (PMK) untuk membantu upaya normalisasi di jalan Galunggung dari material lumpur sisa banjir yang menutup badan jalan.

“Kami gunakan mobil PMK ini untuk membersihkan sisa lumpur dan baruan kecil yang masih berserakan di atas jalan raya di sekitar jalan Galunggung supaya jalan tidak licin,” kata petugas TRC BPBD Kota Malang, Nanang di sela proses pembersihan material banjir di jalan Galunggung, Sabtu, 26/11/2016.

Loading

Leave a Comment

Kepala Pelakasana BPBD Kota Malang

Drs. Prayitno, M.AP.

Facebook Updates
Kantor BPBD Kota Malang
Shortcodes Ultimate