Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Malang

Kelurahan Sawojajar Mengikuti Lomba Kelurahan Tangguh Bencana Kategori Pratama Tingkat Propinsi Jawa Timur Tahun 2017

Kamis, 7 September 2017 Kelurahan Sawojajar kembali ikut serta dalam Lomba Kelurahan Tangguh Bencana Kategori Pratama Tingkat Provinsi Jawa Timur, sebelumnya Kelurahan Sawojajar telah merebut predikat terbaik dengan Juara 1 Lomba Kelurahan tingkat Nasional. Acara tersebut di hadiri langsung oleh Kalaksa BPBD Provinsi Jawa Timur dan Direktur Pemberdayaan Masyarakat BNPB.

Diawali dengan menyanyikan lagu Nasional serta menyanyikan lagu Mars Tangguh, acara di lanjutkan dengan sambutan dari Kalaksa BPBD Kota Malang J.Hartono yang mengawali acara tersebut dan dilanjutkan pemaparan dari Lurah Sawojajar mengenai peta wilayah Sawojajar, mengenai potensi – potensi yang ada, hinga paparan mengenai sistem keamanan yang ada di Kelurahan Sawojajar yang saat ini sudah memanfaatkan teknologi untuk sistem kemanannya dengan menggunakan CCTV di berbagai sudut tempat. Mengutip sambutan Lurah Sawojajar “harapan kami, semoga Sawojajar tetap menjadi kelurahan yang unggul lagi dalam lomba kali ini, dan menjadi percontohan bagi kelurahan-kelurahan lainnya.”

Mengutip sambutannya, Kalaksa BPBD Provinsi Jawa Timur Sudarmawan, yang sekaligus menjadi ketua tim dewan juri penilaian lapangan menyampaikan bahwa bencana tidak dapat dihindari, namun resikonya dapat dikurangi. Beberapa poin dalam mengurangi resiko bencana diantaranya adalah mengurangi resiko kematian, mengurangi resiko terdampak, mengurangi kerugian ekonomi, dan mengurangi kerugian infrastruktur. Oleh karenanya, Sudarmawan menekankan pentingnya penguatan potensi wilayah di sebuah desa/kelurahan guna mengurangi resiko bencana.

Setelah memperoleh predikat terbaik dalam lomba kelurahan tingkat nasional, diharapkan Kelurahan Sawojajar juga dapat meraih predikat yang sama dalam lomba kelurahan tingkat provinsi ini sebagai langkah awal mewujudkan Malang Kota Tangguh.

Exit mobile version