MENUTUP TAHUN 2017, KERUGIAN AKIBAT BENCANA TEMBUS 6 M

Dalam beberapa jam lagi kita akan meninggalkan tahun 2017 dan memasuki tahun 2018. Selama 12 bulan terakhir ini Pusdalops BPBD Kota Malang telah merekam sejumlah data kejadian bencana di wilayah Kota Malang.
Hingga tanggal 31 Desember 2017 terdapat 192 kejadian bencana baik berupa tanah longsor, kebakaran, pohon tumbang, genangan air maupun angin puting beliung.


Kejadian tanah longsor mendominasi data kejadian sebanyak 74 kali diikuti pohon tumbang 42 kali. Kemudian disusul kejadian kebakaran 34 kali dan 13 kali genangan air dengan total jumlah korban mengungsi 47 orang dan 10 orang korban meninggal dunia.

Salah satu anggota Tim Pusdalops, Azis menambahkan bahwa dari seluruh kejadian selama periode Januari sampai Desember 2017 jumlah kerugian lebih dari 6,1 miliar.
“Lengkapnya total kerugian adalah Rp. 6.164.069.500,-. Kerugian terbesar ada di bulan Maret, Oktober dan Desember dengan kerugian mencapai 1 miliar” jawab Azis.

Ketika ditanya harapannya di tahun 2018 mendatang, Azis menghimbau masyarakat agar semakin meningkatkan kesiapsiagaan dan ketangguhan dalam menghadapi bencana.
Bencana bisa datang kapan saja, untuk itu masyarakat harus semakin meningkatkan kesiapsiagaan serta peka terhadap semua hal yang berpotensi menimbulkan bencana di sekitar kita” tutur Azis menutup pembicaraan.(zie)

Loading

Leave a Comment

Kepala Pelakasana BPBD Kota Malang

Drs. Prayitno, M.AP.

Facebook Updates
Kantor BPBD Kota Malang
Pages view

Loading