Site icon Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Malang

MASUKI IMLEK, WASPADAI POTENSI DATANGNYA BENCANA

Perayaan imlek dari tahun ke tahun selalu diiringi dengan terjadinya hujan dari intensitas rendah ke tinggi tak ayal kemudian potensi kejadian bencana pun terjadi. Karena jatuhnya Imlek terjadi dibulan Februari ini, sehingga memang bersamaan dengan bulan-bulan puncak musim hujan. Secara umum, bulan Januari-Februari merupakan bulan puncak musim hujan untuk wilayah Indonesia.

“Jika dilihat secara klimatologisnya, dari Januari-pertengahan Februari ini pun merupakan periode dengan potensi curah hujan yang tinggi dan intensif,”. Ini berkaca dari seminggu terakhir ini Pusdalops menerima laporan kejadian bencana. – tutur Div Operator Pusdalops.

Selain melakukan pemantauan reguler dari BMKG, Div menambahkan bahwa Secara Sains, perayaan Imlek selalu bertepatan dengan puncak musim hujan di Indonesia. Tak heran, selama perayaan Imlek berlangsung, hujan biasanya selalu datang. Dia pun tak lelah-lelahnya menghimbau kepada masyarakat selalu waspada akan datangnya potensi bencana sehingga bisa melakukan pencegahan sebelum terjadinya suatu bencana. (Vid)

Exit mobile version