HUJAN DERAS, POHON RANDU TUMBANG TIMPA 3 KIOS DI MERJOSARI

Sesuai prediksi peringatan dini yang dikeluarkan oleh BMKG Jawa Timur yang merilis adanya potensi hujan deras disertai angin akhirnya terbukti. Tiga hari terakhir ini Kota Malang dilanda hujan deras disertai angin dan telah menyebabkan kejadian pohon tumbang.
Menurut laporan warga, terdapat pohon tumbang di Jalan Tumbal Negara Kelurahan Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang (seberang PDAM Kota Malang). Saksi mata kejadian yang menuturkan ke Pusdalops PB Kota Malang bahwa Kamis (21/6) sekitar pukul 08.30 WIB pohon berjenis waru dengan tinggi 6 meter berdiameter 50 cm tumbang dan menutupi sebagian jalan.


Menurut Alam anggota Pusdalops yang datang ke lokasi, diduga akibat akar pohon yang sudah lapuk dan kering ditambah hujan yang cukup deras kemarin malam menyebabkan pohon ini tumbang. Separuh bagian pohon juga menutupi jalan dan serta menimpa kabel listrik.
“Kejadiannya sekitar pukul 8.30 pagi tadi, kemungkinan akibat akarnya sudah lapuk dan tidak kuat menahan beban sendiri. Akhirnya tumbang terkena angin hujan tadi malam” tutur Alam
Alam juga mengungkapkan bahwa sebelumnya sekitar pukul 22.00 (20/6) di Jalan Mertojoyo Selatan RT. 7 Rw.12 Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru juga terjadi pohon tumbang dan menimpa 3 buah kios. Alam menduga setelah Kota Malang diguyur hujan pada siang hingga malam menjadi penyebab dahan pohon berjenis Randu patah. Akibat kejadian ini 3 kios berukuran 3×4 meter hancur terkena batang pohon.
“Kios yang tertimpa adalah kios penjual makanan burung, warung kopi dan cuci sepeda motor” beber Alam. Tak ada korban jiwa dalam 2 kejadian ini, namun dari hasil kaji cepat kerugian akibat pohon tumbang ini mencapai Rp. 58 juta.


Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang J. Hartono membenarkan kejadian ini. Dia bahkan menyebutkan bahwa beberapa hari ke depan kemungkinan terjadi hujan masih ada. Untuk itu Hartono menghimbau agar warga Malang waspada dan berhati-hati.
“Memang ada sedikit anomali cuaca berdasarkan laporan BMKG, kami berharap warga Malang waspada terhadap potensi hujan deras dan angin. Jangan berteduh atau parkir kendaraan di bawah pohon saat hujan, ini untuk jaga-jaga saja” pungkas Hartono. (Zie)

Loading

Leave a Comment

Kepala Pelakasana BPBD Kota Malang

Drs. Prayitno, M.AP.

Facebook Updates
Kantor BPBD Kota Malang
Shortcodes Ultimate