KSR UB GANDENG BPBD KOTA MALANG ADAKAN PELATIHAN ASSESSMENT

0

BPBD KOTA MALANG – Sabtu (18/8) KORPS RELAWAN MAHASISWA UB mengadakan pelatihan kaji cepat ketika terjadi bencana. Kebutuhan untuk memperoleh data ini berfungsi untuk menentukan tindakan secara tepat yang di lakukan oleh anggota relawan mahasiswa UB ketika terjadi bencana.

Mahfuzi ketika memberikan materi pada peserta

Materi pelatihan meliputi analisis kaji cepat dan pemetaan ini diikuti oleh 20 anggota relawan UB. Mahfuzi ST, MT selaku pemateri analisis kaji cepat menuturkan “jika terjadi suatu bencana, maka ada data yang harus di lengkapi seperti kronologi, waktu kejadian, korban jiwa, kerusakan, kerugian, dll. apabila terjadi bencana, sebisa mungkin data itu lengkap”.

Peserta antusias mengikuti kegiatan Pelatihan yang diadakan oleh BPBD Kota Malang

“Karena itu berfungsi sebagai dasar dalam melakukan tindakan kita di lapangan” tutur Mahfuzi. Sementara materi pemetaan yang di isi oleh Rian Agus Dian. S.si, M.SE menjelaskan tentang daerah-daerah rawan bencana terutama di Kota Malang. Dalam penjelasannya Agus Rian menuturkan pemetaan ini sebagai acuan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana maka rekan-rekan relawan atau BPBD KOTA MALANG langsung bisa menuju lokasi kejadian agar cepat melakukan penanganan terhadap korban, infrastruktur, dll.

Rian Agus Dian ketika memberikan materi tentang pemetaan pada peserta

Sebelumnya, perwakilan KSR UB mengadakan pelatihan ini untuk menambah ilmu khususnya dalam hal kebencanaan. “Sangat bermanfaat materi yang disampaikan, dan materi yang di sampaikan juga menarik untuk semua peserta” tutur salah satu peserta pelatihan ini. (Lam)

Share.

About Author

Leave A Reply