TIMPA RUMAH DI BLIMBING, POHON TUMBANG TERJADI 2 KALI DALAM SEHARI

BPBD Kota Malang – Dalam sehari, wilayah kecamatan Blimbing mengalami 2 kali kejadian pohon tumbang. Kejadian pertama terjadi pada Senin siang (11/9/2018) sekitar pukul 11.00 WIB di Jl. Binor 8 RT.09/ RW.14 Kelurahan Bunulrejo.

Menurut saksi mata, Arda (39 th), kejadian pohon tumbang berlangsung secara tiba-tiba dan cepat. Mendapati pohon menimpa atap rumah warga, dia bergegas mendekat ke lokasi untuk melihat dampak yang ditimbulkan.

“Tadi pas saya cari rumput, tiba-tiba pohonnya langsung tumbang dan kena rumah” ungkapnya kepada Very anggota Pusdalops yang ikut meninjau ke lokasi kejadian.

Setidaknya 3 rumah warga rusak akibat tertimpa pohon tumbang ini. Tidak hanya itu, Siti Muslimah (39 th) juga mengalami luka memar pada punggung akibat tertimpa kayu penyangga atap jemuran.

“Habis jemur terus saya turun, tiba-tiba saya kena kayu penyangga atap jemuran. Ternyata ada pohon tumbang kena atap.” tuturnya.

Tercatat melalui alat weather station BPBD, kecepatan angin tertinggi mencapai 42 km/jam. Tak ayal pohon yang akar sudah lapuk ini tumbang secara tiba-tiba.

Lain halnya dengan kejadian pertama, kejadian kedua merupakan faktor kelalaian manusia. Pasalnya, pohon tumbang terjadi karena pangkal pohon terbakar akibat seseorang membakar sampah tepat di sebelah pohon.

Pohon tumbang terjadi pada Senin malam sekitar pukul 21.00 WIB di Jl. Panglima Sudirman Kelurahan Kesatrian. Menurut Sulismanto (33 th), saat akan pergi ke warung melihat sampah terbakar dekat pohon. Sesampainya kembali dari warung selang 1 jam, api membakar pangkal pohon. Akibatnya pohon kenari berdiameter 70 cm dan tinggi 20 m tumbang menimpa atap rumah tak berpenghuni ini.

“Pas saya mau ke warung kopi apinya masih kecil, pas balik dari warung api sudah membakar bagian bawah pohon”, beber pria penjaga rumah kosong ini.

Kendati tidak memakan korban jiwa atau luka, kerugian akibat pohon tumbang di Kelurahan Kesatrian ini ditaksir mencapai hampir 12 juta. Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang menghimbau masyarakat untuk lebih waspada dan segera melaporkan bila terjadi pohon tumbang.

“Masyarakat bisa melaporkan kejadian pohon tumbang ke Pusdalops BPBD Kota Malang via WA/telepon/sms di nomor 08113770502. Kami siap 24 jam.” Pungkas J. Hartono. (Wie/Div/Vws)

Loading

Leave a Comment

Kepala Pelakasana BPBD Kota Malang

Drs. Prayitno, M.AP.

Facebook Updates
Kantor BPBD Kota Malang
Pages view

Loading