Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Malang

BAKAR SAMPAH, LAHAN KOSONG IKUT TERBAKAR

BPBD Kota Malang – Lagi-lagi ulah oknum yang tidak bertanggung jawab menyebabkan kebakaran lahan. Kali ini kebakaran lahan terjadi di yang bertempat di Jl. Danau Sentarum, Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang pada Minggu siang (23/9/2018).

Sekitar pukul 12.56 WIB seseorang membakar sampah di lahan kosong kemudian meninggalkannya dalam keadaan masih menyala. Dengan kondisi angin yang bertiup cukup kencang, alhasil kebakaran meluas ke lahan bervegetasi rerumputan dan membakar lahan seluas ± 120 m².

Pemadaman secara manual oleh TRC BPBD Kota Malang bersama relawan dan warga

Mengetahui kobaran api membesar, salah seorang warga, Purwadi (61 th), bergegas meminta bantuan warga sekitar sembari menghubungi PMK. Warga bersama relawan bergotong royong memadamkan api dengan peralatan seadanya agar kebakaran tidak menyebar ke pemukiman yang berada di sebelahnya.

“Pas saya tau ada api besar, saya minta bantuan warga dan PMK untuk mematikan api biar gak meluas ke pemukiman.” Ungkapnya.

Sekitar pukul 14.02 WIB api berhasil dipadamkan saat 2 Unit PMK tiba di lokasi untuk melakukan pembasahan. Kendati tidak menyebabkan kerugian yang berarti, namun asap dari kebakaran sempat mengganggu warga sekitar.

Kobaran api sebelum dipadamkan

TRC BPBD Kota Malang yang ikut membantu memadamkan api menghimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaannya akan potensi bencana kebakaran.

“Kami menghimbau warga untuk tidak bertindak ceroboh dan tidak membakar sampah sembarangan” Ujar Simon, salah satu personil TRC BPBD Kota Malang. (Wie/Ifr)

Exit mobile version