PASCA KEJADIAN HUJAN TEMPO HARI, BENCANA SUSULAN TERJADI LAGI

0

BPBD Kota Malang – Pasca hujan tempo hari menyisakan bencana susulan pada hari ini. Terlihat, dini hari tadi (25/10/2018) sebuah pohon tumbang di Jl. Ir. Rais, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Kejadian pertama kali diketahui oleh Tutik (63ᵗʰ) sekitar pukul 03.00 WIB. Pohon berjenis Flamboyan dengan diameter sekitar ±50cm dan tinggi sekitar ±12m tumbang menutup sebagian jalan. Kondisi hujan disertai angin tempo hari memperparah akar pohon yang sudah lapuk. Akibatnya akar tidak mampu menopang pohon sehingga menyebabkan pohon tumbang.

Pohon tumbang yang terjadi di Jl. Ir. Rais berjenis Flamboyan

“Tiba-tiba saja pohonnya tumbang terus kena meja warung”, ujar wanita yang sehari-harinya berjualan ketan bubuk ini. Laporan pohon tumbang diterima Pusdalops BPBD Kota Malang sekitar pukul 03.30 WIB dan langsung ditindaklanjuti bersama DPKP Kota Malang. Kendati tidak menimbulkan korban jiwa/luka, kerugian ditaksir mencapai lima ratus ribuan.

Tidak hanya pohon tumbang, sehari yang lalu (24/10/2018) juga terjadi tanah longsor di perumahan D’Kross Jl. Terusan Kayan dekat sungai Bango. Longsor diduga akibat kondisi hujan intensitas tinggi kemarin lusa yang menyebabkan tanah timbul retakan.

Tanah longsor di Jl. Terusan Kayan

Keesokan harinya retakan tanah bertambah lebar dan menyebabkan tanah labil. Akibatnya tanah bervolume 84m³ dengan rumpun bambu yang tumbuh di atasnya longsor sekitar pukul 14.00 WIB.

“Kami sedang berkoordiansi dengan instansi terkait untuk menindaklanjuti tanah longsor ini”, pungkas Badrus Sholeh, Kasi Kedaruratan BPBD Kota Malang. (Dav/Wie)

Share.

About Author

Leave A Reply