BPBD BAKAL GELAR APEL SIAGA BENCANA 2018

0

Dalam rangka kesiapan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana, Senin lusa (19/11) bakal digelar apel siaga bencana di halaman Balaikota Malang.

Acara ini rencananya akan dipimpin langsung oleh Walikota Malang, Sutiaji sebagai Inspektur Upacara.

Sekretaris BPBD Kota Malang, Tri Oky Rudianto menegaskan hal ini. Menurut Oky, apel siaga ini dimaksudkan untuk menunjukkan kesiapan dan pengecekan persiapan penanggulangan bencana, sarana prasarana juga personil. Terlebih dalam menghadapi musim hujan ini, potensi tanah longsor, genangan air serta angin kencang cukup tinggi.

“Kita tak pernah tahu kapan bencana itu bakal datang. Untuk itu butuh kesiapan di segenap aspek seperti personil hingga peralatan. BPBD beserta jajaran, komunitas dan masyarakat punya tanggung jawab bersama dalam penanggulangan bencana tersebut” ungkap Oky.

Selain itu, koordinasi dan kerjasama antar pelaku kebencanaan sangat diperlukan dalam konteks penanggulangan bencana yang konprehensif, berbasis masyarakat dan berkelanjutan.

“Lewat apel siaga ini mari kita tunjukkan bahwa Kota Malang mampu secara bersama-sama tanggap dan solid dalam setiap kejadian bencana. Kebersamaan ini adalah modal menuju Malang sebagai Kota Tangguh” terang Oky.

Dari undangan yang disebar, apel siaga ini akan dihadiri sekitar 750 peserta yang berasal dari jajaran Pemkot Malang, TNI/Polri, relawan, komunitas kebencanaan, sekolah, perguruan tinggi, kelurahan tangguh hingga perwakilan warga. (Zie)

Share.

About Author

Leave A Reply