KOTA MALANG TUAN RUMAH JAMBORE BPBD SE-JATIM

0

Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) adalah inisiasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Tujuannya adalah untuk mengajak semua pihak meluangkan waktu satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara serentak. Perayaan HKB lazim dilaksanakan tiap tanggal 26 April.

Sebagai wilayah yang mempunyai ancaman bencana cukup tinggi, Provinsi Jawa Timur turut melaksanakan HKB yang diikuti pula oleh kabupaten/kota lainnya. Sebagai bentuk pralaksana HKB maka akan digelar Jambore BPBD Tingkat Provinsi yang dipusatkan di Kota Malang.

Hal ini diungkap Indra Gita, Kepala Seksi Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang usai mengikuti workshop Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, Selasa (5/3/2019) di Surabaya.

Menurut Indra, Indeks Risiko Bencana (IRBI) menyebut Provinsi Jawa Timur menempati zona merah dalam kerawanan bencana. Sebanyak 33 dari 38 kabupaten/kota di wilayah ini tergolong tinggi kelas risiko bencananya. Dengan ancaman bencana yang beragam dan kompleks menuntut kesigapan, kesiapsiagaan dan ketangguhan seluruh komponen baik pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. HKB dan Jambore ini merupakan salah satu upaya membangun kesiapsiagaan.

Kota Malang terpilih secara aklamasi. Sebelumnya Kabupaten Malang dan Situbondo juga mengajukan diri sebagai tuan rumah. Lokasi pelaksanaan Jambore HKB akan dipusatkan di Lapangan Rampal,” kata Indra.

Indra lantas memaparkan, Jambore BPBD bakal diikuti sekitar 2.000 peserta yang terdiri atas BPBD se-Jatim, Basarnas, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, TNI/Polri, Satpol PP, PMI, Damkar Malang Raya hingga relawan dan komunitas.

Indra yang mantan Lurah Sukoharjo juga mengungkapkan, jika tidak berhalangan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan memimpin upacara jambore.

“Beliau akan jadi inspektur upacara. Acaranya sendiri dimulai sejak 9 April 2019. Apel besarnya hari Sabtu 13 April namun sebelumnya akan diselenggarakan simulasi, berbagai lomba, pagelaran seni, bakti sosial, cek kesehatan gratis dan kegiatan lain,” pungkas Indra.

Pewarta : Mahfuzi
Editor : Ilham FR

Share.

About Author

Leave A Reply