Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Malang

Longsor Kembali Terjadi, Kali Ini di Jalan Arif Margono

Kondisi Rumah Ibu Sumiati yang sebagian bangunan rumahnya sudah menggantung di atas sungai Minggu (28/2/2016).

Hujan yang mengguyur Kota Malang kembali mengakibatkan Plengsengan kembali longsor, Minggu (28/2/2016). Kali ini kejadian terjadi di bantaran sungai di Jalan Arif Margono Gang 10 Kelurahan Kasin Kecamatan Sukun.

Kejadian terebut mengakibatkan rumah Sumiati (60) dalam kondisi rawan longsor, karena plengsengan yang longsor berada tepat di bawah pondasi rumahnya.

Selain rumah Sumiati, ada dua rumah lain yang berdekatan yang terdampak juga terancam longsor. Sumiati, khawatir rumah akan roboh apabila plengsengan kembali ambrol. Kekhawatiran itu karena sekitar dua pekan sebelumnya, plengsengan juga sudah ambrol namun belum parah.

Ibu Sumiati mengatakan, ia terpaksa menghuni rumah di pinggir plengsengan karena kondisi ekonomi dan berharap segara ada bantuan dari Pemerintah Kota Malang. Sumiati menjelaskan, setiap harinya rumahnya dihuni oleh tiga orang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang J Hartono mengatakan, tindakan awal untuk mencegah longsor susulan adalah dengan membuat sudetan kali. Hal tersebut, menurut dia, dapat mengurangi intensitas air yang melewati kali sehingga gerusan pada plengsengan tak begitu besar.

Hartono menghimbau agar masyarakat waspada selama musim hujan. Terutama bagi mereka yang tinggal di bantaran sungai. Warga lain pun harus mewaspadai kejadian-kejadian yang berhubungan dengan bencana lain. Sebab, menurut dia, banyak jenis bencana lain di luar dugaaan yang berpotensi datang saat musim hujan.

Exit mobile version