AKIBAT HUJAN DERAS, 3 TITIK LONGSOR LANDA KOTA MALANG

BPBD Kota Malang – (19/1/18) Hujan lebat yang terus mengguyur Kota Malang Kamis hingga Jumat malam membuat debit air Sungai Brantas meluap.

Akibat meluapnya Sungai Brantas ini membuat longsoran di beberapa titik, dampak akibat longsor beberapa jiwa pun juga ikut mengungsi lantaran rumah yang ditinggalinya sudah tidak aman lagi apabila terjadi longsor susulan.

Menurut pantauan Pusdalops BPBD Kota Malang data kejadian sementara masuk pada Jumat (19/1/18) sebanyak 3 kali longsor ditempat yang berbeda.

3 tempat itu yakni, plengsengan di Jl. BS. Riadi Gg.13 Kelurahan Oro-Oro Dowo, Plengsengan di Jl. Tuntang 4 No. 8 Kelurahan Bunulrejo, serta plengsengan yang di Jl. Kresno 2 Kelurahan Polehan, tutur Aziz salah satu operator Pusdalops BPBD Kota Malang

Akibat dari plengsengan longsor ini, 3 rumah yang berada di Jl. BS. Riadi Gg.13 Kelurahan Oro-Oro Dowo harus mengalami kerusakan  parah dan rata-rata kerusakan pada bagian dapur serta barang-barangnya pun juga ikut terbawa  material longsor,  tidak hanya itu 6 jiwa pun harus diungsingkan.

Plengsengan ambrol di Jl. BS. Riyadi

Beda lagi plengsengan yang berada di Jalan Tuntang 2 Kelurahan Bunulrejo, kali ini menimpa kamar mandi dan dapur milik Mochamad Khafid, serta material longsor juga menimpa rumah dibawahnya yakni rumah Syaiful, akibat longsor ini rumah Syaiful mengalami rusak ringan.

Titik longsor ketiga yang berada di Jl. Kresno 2 Kelurahan Polehan menimpa rumah milik Kadjuri (75) akibat dari longsor ini kandang ayam miliknya amblas terbawa material longsor. Tembok plengsengan dengan panjang 6 meter, tinggi 10  meter ini ambrol lantaran tidak kuat menahan derasnya debit aliran sungai akibat hujan yang mengguyur.

Dari 3 kejadian titik longsor ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian masing-masing ditaksir mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Menyikapi hal tersebut BPBD Kota Malang tidak hanya memberikan bantuan sembako, namun pihaknya juga berkoordinasi dengan UPT PSDA Kota Malang, karena masih masuk ranahnya, mengingat  lokasi longsor berada di DAS, tutur J. Hartono Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang.

Melihat kejadian akhir-akhir ini yang melanda Kota Malang, BPBD Kota Malang menghimbau tetap waspada segala potensi bencana, mengingat musim hujan masih sering mengguyur wilayah Kota Malang. (Rue)

Loading

Leave a Comment

Kepala Pelakasana BPBD Kota Malang

Drs. Prayitno, M.AP.

Facebook Updates
Kantor BPBD Kota Malang
Pages view

Loading