WARGA SENANG, KINI LAYANAN PRAKICU PER KECAMATAN

0

Layanan prakiraan cuaca (prakicu) dari BPBD Kota Malang kini makin memanjakan warganya. Sebelumnya prakicu sebatas prakiraan cuaca untuk Kota Malang secara umum, kini dalam tampilan terbarunya dirinci dalam porsi yang lebih detil yakni per kecamatan.

Layanan anyar ini merupakan buah kerjasama operasi antara BPBD Kota Malang dengan BMKG Juanda Surabaya. Prakicu ini mulai diberikan oleh Pusdalops PB sejak dua minggu yang lalu. Pusdalops PB menyebut bahwa prakicu merupakan salah satu bagian dari upaya BPBD Kota Malang memberikan layanan kebencanaan selain kedaruratan. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi kekinian yang berbasis mitigasi.

“Masyarakat akan lebih mudah mengambil antisipasi dan keputusan saat mengetahui ramalan cuaca per-kecamatan” terang Aziz Wijaya salah satu anggota Pusdalops PB. Informasi berbasis mitigasi memang sedang digalakkan BPBD Kota Malang. Di samping upaya melek informasi digital juga ditujukan agar warga bisa mengenali jenis bencana dan memahami risiko.

“Kita berharap dengan layanan ini warga Malang makin sadar bencana dan bisa mengambil langkah antisipatif guna meminimalkan risiko bencana” tukas Aziz. Meski diakui Azis, bahwa layanan ini masih butuh penyempurnaan namun banyak warga Malang yang terbantu.

“Pesan lewat WA dan FB umumnya senang dengan layanan ini. Katanya mereka bisa tahu di kecamatan mana yang bakal hujan atau tidak” pungkas Aziz. (Zie).

Share.

About Author

Leave A Reply