HADAPI BENCANA, BPBD JAMIN BANTUAN LOGISTIK MASIH CUKUP

Saat ini hujan deras masih mengguyur Kota Malang dan peringatan dini tentang cuaca ekstrim terus diserukan oleh BMKG. Situasi demikian tentunya membutuhkan kesiapsiagaan segenap hal khususnya bantuan logistik. Terkait hal ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang menjamin bantuan logistik untuk korban bencana masih cukup.

Bantuan logistik yang dimiliki BPBD tersebut umumnya berupa makanan siap saji, tambah gizi, keperluan rumah tangga (family kit), keperluan anak-anak (kidsware), paket sembako hingga bahan material saat tanggap darurat.

Badrus Soleh, Kepala Seksi Tanggap Darurat BPBD Kota Malang menyatakan ketersediaan logistik saat ini baik berupa paket sembako maupun makanan siap saji terbilang cukup hingga akhir semester satu 2019. Menurut Badrus pihaknya selalu meng-opname stok sehingga jumlah yang ada bisa dipastikan kecukupannya.

“Alhamdulillah, stok logistik kita masih cukup. Kalaupun berkurang akibat distribusi, kita pasti adakan pengadaan sembako dan lainnya lagi,”ujar Badrus, usai pemeriksaan rutin peralatan Senin (28/1).

Badrus kemudian merinci jenis bantuan logistik yang diberikan BPBD tergantung jenis bencana dan hasil rekomendasi asesmen yang dilakukan tim kaji cepat. Umumnya berupa paket sembako, kebutuhan keluarga maupun barang lainnya seperti terpal, sesek atau material bahan bangunan.

Diakui pula oleh Badrus, kendala utama dalam penyimpanan logistik adalah banyaknya bahan yang yang bergantung pada masa kadaluarsanya. “Tak mungkin bahan seperti susu, mie instan, minyak goreng dibiarkan terlalu lama di gudang, (karena) kan dipengaruhi oleh masa kadaluarsa,” sambung pria berkumis ini.

Meski logistik berkurang akibat distribusi, mantan Lurah Bumiayu ini memastikan bahwa setiap tahunnya BPBD menyiapkan dana untuk pengadaan. Sambil berharap tak ada bencana masif yang menghampiri Kota Malang, Badrus menegaskan pihaknya akan terus menjaga stok logistik bantuan bencana. “Memberi bantuan itu amanat kemanusiaan, di sanalah peran pemerintah yang harus selalu ada untuk warganya,” pungkasnya. (Zie)

Loading

Leave a Comment

Kepala Pelakasana BPBD Kota Malang

Drs. Prayitno, M.AP.

Facebook Updates
Kantor BPBD Kota Malang
Pages view

Loading